sasbrush

Bagi mereka yang ingin sekali belajar airbrush secara otodidak pasti mencari situs airbrush di internet berharap mendapat pengetahun tentang airbrush. Memang banyak sekali tutorial tutoial bertebaran di duni maya baik itu video, step by step picture maupun artikel. Namun sayang sekali kebanyakan artikelnya berbahasa inggris yang terkadang membuat kita kesulitan mencernanya jika membahas tahapan teknik.  Kalaupun ada, itu hasil saduran tidak langsung dari seniman airbrushnya. Tidak banyak web/blog lokal yang membahas teknik airbrush secara step by step.  Sampai saat ini sasbrush.blogspot.com menjadi salah satu sumber informasi bagi mereka yang mau belajar airbrush. Berbagai macam postingan tentang cara-cara airbrush mulai dari cat mana yang baik untuk kaos sampai bagaimana melukis airbrush diatas kaos hitam dan sangat mudah diikuti. Tips n trick nya terfokus pada media kaos. Yang bagusnya lagi sang admin tidak sungkan menjawab pertanyaan tentang airbrush secara langsung jika kebetulan online. Siapakah pemilik blog yang senang berbagi ilmu dan mahir melukis airbrush? Panggilannya Sas lengkapnya Nur Sasongko, seniman airbrush yang sudah 10 tahun menggeluti seni airbrush. Berikut wawancara AI dengan mas Sas…

1. Tolong ceritakan sekilas tentang riwayat hidup Anda. (tempat tgl lahir, pendidikan)

saya lahir di malang..11 february 1975..tapi tinggal di bandung sampai umur 10 tahun stelah itu balik bertempat tinggal di malang, hidup saya dari kecil memang sangat senang sekali menggambar.. tetapi yang benar2 merasa melukis adalah pilihan hidup saya saat lepas dari bangku sma.
ketika melanjutkan kuliah di fakultas ekonomi di Perguruan Tinggi swasta dimalang. merasa bahwa ekonomi tidak sejalan dgn bidang saya akhirnya setelah itu memutuskan untuk menekuni dunia seni rupa.. sya tdk pernah mengenyam pendidikan seni rupa secara formal tapi tidak membuat saya berhenti untuk belajar dan ingin tahu lebih banyak ttg seni rupa..saya banyak belajar kepada teman-teman dan seniman yg lebih dulu menekuni dunia seni rupa secara serius waktu itu..

2. Sejak kapan (Tahun) anda belajar atau mengenal airbrush dan memulainya sebagai profesi?
3. Dari mana mengetahui airbrush pertama kali. jika ada yg mengenalkan atau mengajari airbrush, siapakah dia?mohon diceritakan

saya pertama mengenal ttg airbrush sekitar 10 tahun lalu atau sekitar tahun 99-2000  saya lupa pastinya..tahun berapa
saya punya seorang teman bernama taufik di malang dia juga seorang pelukis diatas kanvas waktu itu..dari dia banyak sekali saya belajar mengenai teknik maupun alat airbrush waktu itu..
saya ingat 4 hari saya belajar adaptasi dgn alat airbrush waktu itu dan setelah itu saya langsung terima order untuk mengerjakan mobil untuk kontest di bali dari detik itulah saya memulai airbrush sebagai profesi saya.
semenjak itu saya banyak mengerjakan airbrush secara freeline atau panggilan saya tidak pernah membuka counter atau studio khusus untuk airbrush saya mengerjakanya freeline di beberapa kota seperti jakarta-surabaya-malang dan bali..
di samping saya menekuni melukis diatas kanvas.

4. apakah(merek) alat airbrush anda pertama kali, dan sekarang menggunakan airbrush merek apa saja?cat apa yang biasa anda gunakan?
alat pertama yang saya pakai waktu itu adalah badger seri 150..dan evolution saya lupa serinya..dan semuanya Pinjam!! hahaha
setelah itu saya beli untuk saya sendiri merk badger 150 dan fuji semuanya beli dari teman..
seiring waktu sekarang alat airbrush yang saya pakai adalah Iwata custom micron C+ , merk HnL dan fuji.
cat yanga saya gunakan sangat beragam tergantung kebutuhan di atas media apa saya melukis.
bila pada otomotif atau bidang keras saya banyak memakai cat duco semua merk yg saya temui..untuk di beli tapi kabanyakan merk danaglos, nipe, aerox, spieshecker dll.
– kanvas semua jenis cat say pakai..mulai dari duco sampai akrylik atau cat tekstil
– untuk kaos / tekstils pilihan saya jatuh pada createx airbrush color dan lefrance & bourgeois

5. Mengapa anda memilih airbrush?apa menariknya airbrush bagi anda?
saya memilih airbrush karena secara pengerjaan dan media sangat banyak variasi untuk di lakukan mulai dari otomotif sampai mural maupun tekstil..
dan sangat mudah dan cepat..
disamping itu airbrush dalam segi untuk mencari uang sangatlah fleksibel tidak harus menset pada tempat eksklusif seperti pameran untuk menjualnya..
airbrush lebih akrap di mata masyarakat karena seni airbrush sangat dekoratif dan variatif di berbagai macam media..

Apa spesialisasi anda di bidang airbrush?
untuk saat ini karena saya belum mempunyai ruang yg luas saya masih berkutat pada pengerjaan kaos airbrush dan kanvas  mungkin untuk bulan kedepan bila tidak ada aral melintang saya akan menambah fokus pada bidang otomotif lagi dgn studio yg luas serta ventilasi yg aman untuk kesehatan..

7. prestasi apa saja yang pernah anda raih dibidang airbrush?
beberapa kali memenangkan airbrush pada kontest car modification di surabaya dan bali..saya lupa detailnya..seperti extrem car contest,djarum black,dll. saya selalu lupa untuk mengingatnya karena mobil bkn punya saya jadi piala dan hadiah milik yg punya saya hanya mendapat pembayaran atas kerja saya..hahahaha

8. Adakah yang belajar airbrush dengan anda? berapa orang dan siapa saja?
wah kalau untuk belajar kayaknya belum ada tapi kalau sharing antar teman untuk bagi pengetahuan sangat banyak sekali terutama teman2 di malang dan bali..saya sangat senang untuk berbagi..dan ngobrol sputar seni rupa dan dunia airbrush.

9. Apa alasan anda membuat blog ttg airbrush?
blog yang saya buat di ilhami saat saya googling ttg airbrush dan tekniknya..
blm saya temukan blog ttg airbrush di indonesia waktu itu kecuali airbrushindonesia TK yang penuh dgn koment dan pertanyaan seputar airbrush
dan saya berinisiatif untuk mambuat blog untuk berbagi ilmu sputar airbrush dan informasinya di samping saya pun tentunya akan banyak belajar dari teman2 yang lain.
disisi lain juga saya bisa mempromosikan seni airbrush dan juga karya saya tentunya..:)

10. Apa obsesi anda dibidang airbrush yg masih terus akan anda capai?
12. menurut anda bagaimana perkembangan seni airbrush pada saat ini?
saya ingin karya airbrush bukanlah sebatas karya kerja semata dalam artian bisa di terima dan di sejajarkan dgn karya lukis ataupun patung atau seni yg lain..walau pada kenyataanya karya apapun tetaplah sama sebagai karya seni..tetapi di indonesia karya airbrush belumlah menapak pada karya yang lebih spesifik bukan hanya sebagai pelengkap sebuah media.atau penambah dekoratif.
saya salut dgn apa yg di lakukan teman2 di bandung juga karya2nya..seperti karya kodoy yang pada pameran airbrush kemarin juga membuat saya sadar bahwa airbrush indonesia sudah bergerak pada arah yang lebih maju..

11.Pada blog anda disebut dua kota, tanggerang dan malang. bisa kah anda ceritakan apa kegiatan anda di dua kota yang berjarak cukup jauh itu?

iya saya bertempat tinggal di tangerang tetapi saya mempunyai komunitas dan sahabat di malang..jadi apapun yg saya lakuakan pasti akan terkait dgn dua kota tersebut..

15. bagaimana anda memasarkan hasil karya airbrush anda ?
free line dan menjual secara online..:)

14. siapakah airbrusher international yang anda suka karyanya? kalau airbrusher indonesia?
airbrush dunia saya suka karya dru blair dan sorayama
indonesia saya suka karya taufik( sayang sekarang tdk airbrush lagi)
dan teman2 di potlot juga.

13. Apa saran anda untuk para airbrusher lain?
teruslah berkarya dan explorasi dgn berbagai macam media dan alat.
hal baru selalu dianggap konyol dan tidak masuk akal tetapi itulah perubahan..

Anda punya pertanyaan tentang airbrush? hubungi aja langsung mas Sas

di email : sasbrusher@yahoo.co.id  Alamat : jl.manggis 1 blok B3 no 40 Tangerang